"Kesalahan terbesar manusia adalah tidak memaafkan dirinya sendiri"

Algoritma dan Pemrograman

Tidak ada komentar
Assalamualaikum wr. wb.

Wah udah di penghujung weekend aja, besok mulai lagi aktivitas seperti biasa. -_____-" Semoga selalu diberikan kesehatan dan ke-barakah-an :) amin.

Oke, sekarang saya mau share buat mahasiswa tingkat 1 semester 1 (umum) dan buat yang mau memperdalam dan mengingat balik apa itu ALPRO (disingkat aja deh). Apa yang mau di-share-kan tentang mata kuliah ALPRO ? Yup ! Itu mata kuliah yang bener-bener mesti dipelajari banget buat dasar-dasar pemrograman (apapun). Sekilas dikit, saya juga sampe Tugas Akhir (Skripsi), nih mata kuliah kebawa terus, dan alhamdulillah bisa :)

Yang pertama, pengertian Algoritma :

"Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”.

Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu. Pertimbangan dalam pemilihan algoritma adalah, pertama, algoritma haruslah benar. Artinya algoritma akan memberikan keluaran yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan. Tidak peduli sebagus apapun algoritma, kalau memberikan keluaran yang salah, pastilah algoritma tersebut bukanlah algoritma yang baik.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari :
Gambar 1. Contoh Algoritma Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Selanjutnya, pengertian Pemrograman :

"Program adalah kumpulan pernyataan komputer, sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program adalah algoritma. Program ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman." 

Jadi bisa disebut bahwa program adalah suatu implementasi dari bahasa pemrograman. Beberapa pakar memberi formula bahwa :

Program = Algoritma + Bahasa Pemrograman (Struktur Data)

Pada mata kuliah ALPRO, yang akan dipelajari adalah dasar-dasar algoritma dan pemrograman pada perangkat Lunak Turbo Pascal ! Kalo kalian perlu referensi buat belajar, saya sudah upload 2 ebook + Perangkat Lunak Free Pascal. 

Kalian bisa download ---> DISINI <--- (40 mb, ebook dan Free Pascal)

Free Pascal itu adalah perangkat lunak yang akan mengcompiler file dengan ekstensi .pas dan menjadikannya binary file untuk kemudian dijalankan. Pemrograman pada Free Pascal / Turbo Pascal, tampilannya masih Berbasis Teks, artinya belum sepenuhnya support dengan Graphic.
Lalu ada gak pemrograman pascal yang sudah support Graphic ? Ada, contohnya Lazarus IDE, Borland Delphi, dll. (Insya Allah dibahas diwaktu yang akan datang).

Mudah-mudahan bermanfaat, selamat belajar dan selamat datang di Informatika ! :D

Wassalamualaikum wr. wb.
 
Gambar 2. Antarmuka Free Pascal
Gambar 3. Antarmuka Compiler Switch Free Pascal





Tidak ada komentar :

Posting Komentar