"Kesalahan terbesar manusia adalah tidak memaafkan dirinya sendiri"

[Kerja Praktek] Screen Design Worksheet

Tidak ada komentar
Assalamualaikum wr. wb.
Ohaaii Mina-san !!
Bener-bener lupa posting nih, maklum sibuk ehehehe (jangan tanya sibuk apaan).

Postingan kali ini masih tentang IT Stuff, mm karena banyak junior saya yang lagi melaksanakan Kerja Praktek, jadi saya share sesuatu yang sangat bermanfaat (Insya Allah). Apa itu ?

Pertama, sebelum ke materi (walaah materi), saya mau jelaskan garis besar kehidupan seorang 'Kuli-Program' seperti saya. Programmer itu mengerjakan apa/semua hasil analisis dari Leader/System Analysis.

Singkat kata : "System Analys merancang ERD, menentukan Bussiness-Flow, mengatur estimasi program, dsb. Nah Programmer bertugas membuat Aplikasi dari hasil analisis SA."

Jika ada salah pada coding, Programmer lebih bertanggung jawab, jika ada salah pada alur 'kemungkinan' kesalahan terletak pada SA. Yakin ? Belum tentu juga.
Kalo proses dari SA udah bener, dan kita yang salah coding, ya kita juga yang kena..

SEDIH YAH JADI AING (ceuk Programmer teh) hahahaha

Sudahlah ! Ke-intinya saja ! -_____________________-" gak bakat banget nulis blog, apalagi berharap terkenal kaya si Anak-nya Salam Dua Jari.

Pas semester 7, dulu saya mengambil program Kerja Praktek, itu merupakan syarat sebelum menempuh Tugas Akhir. KP itu kalo nggak salah ya, mau gak mau bikin aplikasi, kenapa dan detailnya saya gak tau. Mungkin karena nantinya hasil KP kita bakal di-aplikasi-kan di tempat yang kita ambil sebagai penelitian.

Nah pas KP itulah berasa semuanya diborong, mulai dari bikin perancangan ERD, Flow-Map, Flow-Chart, SDW, UI dan tentunya Code sendiri ! Nah sebagian mungkin sudah mengenal istilah yang baru disebutkan, atau nggak sama sekali ? -__________________-"

Saya akan bahas SDW atau kepanjangannya Screen Design Worksheet. SDW adalah alat bantu untuk membuat tampilan antarmuka program. Intinya, SDW itu SKETSA-nya, dan SKETSA itu bakal jadi acuan (tidak selalu persis) untuk tampilan program sebenarnya. Paham dong yah sampai sini ? muach ! :D hahaha

Mungkin diantara yang mengambil KP ada yang tidak menyertakan SDW dengan alasan : tidak disuruh dan tidak penting. hahaha. Alasan jaman primitif ! Bergeraklah tanpa harus diperintah dan majulah tanpa rasa takut #marioBross

Catatan :
Kerja Praktek, saya telat 1 bulan, karena malas. Jadi harusnya sidang Januari, malah sidang Februari akhir. Dan saya pun balas dendam di Tugas Akhir, entah sih tapi Dekan dan Kajur (saat itu) bilang 3 minggu itu sangat cepat di Teknik Unsil.

FYI, judul KP saya saat itu adalah : 
Rancang Bangun Aplikasi Inventory Peralatan di Laboratorium Jurusan Teknik Informatika
Fakultas Teknik Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
  

Nama App nya adalah 'LISA' singkatan dari LabTI Inventory System Application (revisi).
Berikut beberapa User Interface hasil dari perancangan SDW !

Untuk men-download file SDW dan Image-nya, silakan klik disini ! (2.72 mb)

Mungkin di postingan berikutnya saya bahas tentang KP lebih lanjut.

Ada pertanyaan ? Email ke sahidtriambudi@gmail.com atau invite (promosi hahahaha) : 51AEC18E

Semoga Bermanfaat !
Wassalamualaikum wr. wb.

Sahid Triambudhi.
Gambar 1. Screen Design Worksheer (HTML + Javascript + CSS)
Gambar 2. Form Login
Gambar 3. Form Entry Barang Inventaris

Gambar 4. Form Entry Data Peminjaman
Gambar 5. Keluaran Data Pencataan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar