"Kesalahan terbesar manusia adalah tidak memaafkan dirinya sendiri"

Dokumen 1 : Tugas Akhir

Tidak ada komentar
Assalamualaikum wr. wb.

Hallo, gadang lagi lah nih malam, sambil isi nih postingan blog baru hehehe. Barusan istirahat 20 menitan lah habisnya kehujanan pas nongkrong diluar. Sekarang kembali ngetik lagi dah, ni sambil dengerin suara acara TV Bukan Empat Mata ! hahaha.

Buset itu geng-nya Tukul yang dari Pondok Indah keren banget ketawanya, tau kan ? HAH HAH !! (susah nyontoin nya ah) hahaha sambil ngetik jadi sambil cengar-cengir, ah bodo amat tulis aje lah di postingan bagian ini. :)

Buat postingan ini saya share pengalaman pas Tugas Akhir kemarin aja deh, mm kalo mainstreamnya dibilang Skripsi mungkin. Kemarin abang bikin perangkat lunak multimedia, pastilah game.
Kenapa ngambil game ?
1. Udah bosen ah bikin data management yang database, VB, PHP ato Java.
2. Nyobin yang lain aja.
3. Keinget omongan Dosen (lupa lagi siapa), dia bilang : "Bikin sesuatu yang Dosen tuh gak banyak paham".
4. Ide gamenya dari kehidupan sehari-hari hahhaha.
5. Ini project sebenarnya dari semester 5 pas MK Teknologi Multimedia, jadi pas pengerjaan cuma +- 3 Minggu dah (Expert).

Pas pertama ngajuin, rada bingung juga, gemper, soalnya game yang diajukan bener-bener full game ato istilahnya cuma hiburan aja. Nah lo ? Ehh beneran ternyata ditanya manfaat game itu apa -_-". Ngumpet dah 1 minggu nyari info dari si Paman, dapet lah ide yang banyak.
Intinya saya gak merubah konsep game, tapi menambahkan fitur ato sisi pembelajarannya semisal untuk kognitif dan adiktif.

Buat perangkat lunak yang dipakenya, abang pake Game Maker V.8.1, Logo Creator dan GIMP. Khusus buat penataan musik latar, abang pake freeware MuseScore. MuseScore sangat mudah dipakai bagi orang yang sering baca notasi balok. Produk akhirnya dikemas dalam bentuk CD Autorun-Play.

Nama gamenya  "Mr.Captious and Mrs. Worry" ato kalo dibahasa indonesia-kan artinya "Si Bawel dan Si Cemas". Room Levelnya ada 20, terdiri dari 2 tingkatan level : Normal dan Hard. Masing-masing tingkatan punya 10 room yang terdiri dari 9 room challenge dan 1 bos. Genre Gamenya, Platform Action Shooting-Shooter 2D.

Gamenya juga udah adopsi kecerdasan buatan dasar yang ada dalam game maker, intinya membuat move musuh menjadi agresif. Khusus buat level Bos, AI-nya high, bisa bergerak random, follow dan up-speed.
Fitur menu juga udah bisa menggunakan slot Save-Load. Em sayangnya dulu nyerah pas disuruh bikin opsi pengaturan Resolusi :( Pengaturan resolusi cuma default dan fullscreen (F4).

Okelah gak usah terlalu banyak dibahas, ini gambaran gamenya :)
Kalo ada yang perlu contoh UP sama Jurnal TA saya, silakan download disini.

Gambar 1. Menu Utama Gamenya begini.
Gambar 2. Contoh Desain Levelnya nih di Worksheet GMaker.
Gambar 3. Contoh Desain buat Level Bos.

Gambar 4. Contoh Level yang Lainnya juga nih.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar